Rabu, 01 Juni 2016

MAKALAH PENYAJIAN PENULISAN KARYA ILMIAH



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Karya ilmiah merupakan karya tulis yang isinya berusaha memaparkan suatu pembahasan secara ilmiah yang dilakukan oleh seorang penulis atau peneliti. Untuk memberitahukan sesuatu hal secara logis dan sistematis kepada para pembaca. Karya ilmiah biasanya ditulis untuk mencari jawaban mengenai sesuatu hal dan untuk membuktikan kebenaran tentang sesuatu yang terdapat dalam objek tulisan.
Maka sudah selayaknyalah, jika tulisan ilmiah sering mengangkat tema seputar hal-hal yang baru (aktual) dan belum pernah ditulis orang lain.Jikapun, tulisan tersebut sudah pernah ditulis dengan tema yang sama, tujuannya adalah sebagai upaya pengembangan dari tema terdahulu. Disebut juga dengan penelitian lanjutan.Tradisi keilmuan menuntut para calon ilmuan (mahasiswa) bukan sekadar menjadi penerima ilmu. Akan tetapi sekaligus sebagai pemberi (penyumbang) ilmu.

B.     Rumusan Masalah
1.      Apa yg dimaksud dengan penyajian.?
2.      Apa yg dimaksud dengan penulisan judul.?
3.      Apa yg dimaksud dengan lembar persetujuan.?
4.      Bagaimana cara membuat contoh judul dan lembar pengesahan.?

C.    Tujuan Penulisan
1.      Pembaca dapat mengetahui apa itu penyajian
2.      Pembaca dapat mengetahui apa itu penulisan judul
3.      Pembaca dapat mengetahui apa itu lembar persetujuan
4.      Pembaca dapat mengetahui cara membuat judul dan lembar pengesahan


BAB II
PEMBAHASAN
A.    Penyajian
Teknik penyajian karya ilmiah harus memperhatikan:
1.      Segi kerapian dan kebersihan.
2.      Tata letak (layout) unsur-unsur dalam format karya ilmiah, misalnya halaman muka (cover), halaman judul, daftar isi, daftar tabel, daftar grafik, daftar gambar, daftar pustaka dan lain-lain.
3.      Standar yang berlaku dalam penulisan karya ilmiah, misalnya standar penulisan kutipan, catatan kaki (foot note), daftar pustaka & penggunaan bahasa indonesia sesuai EYD.
4.      Bagian inti karya ilmiah:
a.       Bagian Pendahuluan.
b.      Latar belakang dan masalah.
c.       Tujuan pembahasan.
d.      Ruang lingkup / pembatasan masalah.
e.       Asumsi, hipotesis dan kerangka teori.
f.       Sumber data.
g.      Metode & teknik.
h.      Bagian analisis atau pembahasan.

B.     Penulisan judul
Judul skripsi, tesis, atau disertasi dicantumkan sekitar empat cm dari tepi atas kertas. Judul diketik dengan huruf kapital seluruhnya tanpa diakhiri tanda baca apa pun. Jika judul tersebut memiliki subjudul, antara judul dan subjudul dibutuhkan titik dua (:).

C.    Tujuan Karya Ilmiah
1.      Sebagai wahana melatih mengungkapkan pemikiran atau hasil penelitiannya dalam bentuk tulisan ilmiah yang sistematis dan metodologis.
2.      Menumbuhkan etos ilmiah di kalangan mahasiswa, sehingga tidak hanya menjadi konsumen ilmu pengetahuan, tetapi juga mampu menjadi penghasil (produsen) pemikiran dan karya tulis dalam bidang ilmu pengetahuan, terutama setelah penyelesaian studinya.
3.      Karya ilmiah yang telah ditulis itu diharapkan menjadi wahana transformasi pengetahuan antara sekolah dengan masyarakat, atau orang-orang yang berminat membacanya.
4.      Membuktikan potensi dan wawasan ilmiah yang dimiliki mahasiswa dalam menghadapi dan menyelesaikan masalah dalam bentuk karya ilmiah setelah yang bersangkutan memperoleh pengetahuan dan pendidikan dari jurusannya.
5.     Melatih keterampilan dasar untuk melakukan penelitian.

D.    Lembar Persetujuan
Ada dua macam lembar persetujuan. Lembar pertama persetujuan adalah lembar persetujuan yang memuat persetujuan dari (para) pembimbing. Hal-hal yang dicantumkan pada lembar persetujuan lembar pembimbing adalah (1) teks Skripsi oleh …. ini telah disetujui untuk diuji, atau Tesis ini telah disetujui ntuk diuji, atau Disertasi telah disetujui untuk diuji, dan (2) nama lengkap dan nomor induk pegawai (NIP) Pembimbing I dan II (untuk skripsi dan tesis), serta Pembimbing III (untuk disertasi). Lembar persetujuan pembimbing disajikan pada lampiran 3.
Lembar kedua persetujuan adalah lembar persetujuan yang berisi pengesahan skripsi, tesis, atau disertasi oleh para penguji, ketua jurusan, dan dekan (ketua bagi sekolah tinggi). Pengesahan ini baru diberikan setelah diadakan penyempurnaan oleh mahasiswa yang bersangkutan sesuai dengan saran-saran yang diberikan oleh para penguji pada saat berlangsungnya ujian.
Dalam lembar persetujuan dosen penguji, dicantumkan tanggal, bulan, dan tahun dilaksanakannya ujian, tanda tangan, nama lengkap dan NIP dari tiap-tiap dosen penguji dan dekan/ketua sekolah tinggi/ketua jurusan/ketua program studi. Lembar persetujuan dosen penguji disajikan pada lampiran 4



E.     Contoh Judul Dan Lembar Pengesahan
LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN
            Karya tulis yang berjudul “PELANGGARAN TATA TERTIB YANG SERING TERJADI PADA KALANGAN PELAJAR SMA NEGERI 7 BANJARMASIN”  ini diajukan sebagai syarat untuk mengikuti Ujian Akhir Sekolah (UAS) tahun pelajaran 2014/2015 di SMA Negeri 7 Banjarmasin dan dinyatakan telah mendapat persetujuan sebagai karya tulis.


                                                                                Banjarmasin, 11 Juni 2015


Disetujui oleh,
            Guru Pembimbing II                                                Guru Pembimbing I


            Mugiya, S.Pd                                                             Rahmat, S.Pd
            NIP.                                                                            NIP.


                                                            Mengesahkan,
                                                Kepala SMA Negeri 7 Banjarmasin



                                                Mundofir, S.Pd
                                                NIP.

BAB III
PENUTUP
A.    Kesimpulan
Dari pembahasan yang telah di paparkan dapat di simpulkan : penyajian karya ilmiah harus di lihat dari Segi kerapian dan kebersihan, Tata letak (layout) unsur-unsur dalam format karya ilmiah, misalnya halaman muka (cover), halaman judul, daftar isi, daftar tabel, daftar grafik, daftar gambar, daftar pustaka dan lain-lain.Standar yang berlaku dalam penulisan karya ilmiah, misalnya standar penulisan kutipan, catatan kaki (foot note), daftar pustaka & penggunaan Bahasa Indonesia sesuai EYD.






















DAFTAR PUSTKA

Munawar Syamsudin, 1994, Dasar-dasar dan Metode Penultsan Ilmiah. Surakarta. Sebelas Maret University Press.
Hardjodipuro, Siswoyo, 1982, Karya Ilmiah, Jakarta: Erlangga. Sabarguna, H. Boy





 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar